Extreme Magic

WARNING : SAYA MENYARANKAN ANDA UNTUK TIDAK MELAKUKAN TRIK INI. DIPERLUKAN PENDAMPING YANG AHLI AGAR TRIK DAPAT BERJALAN SUKSES. RISIKO DITANGGUNG SENDIRI OLEH MAGICIAN YANG MENAMPILKAN TRIK INI


Beberapa waktu lalu, saya menyaksikan pertunjukan Fakir Magic di India. Saya pun penasaran dan minta izin untuk mempelajari seni ini. Setelah beberapa penjelasan dan praktik, akhirnya saya mengetahui dasar-dasar trik ini. Agar lebih yakin, saya juga melakukan riset ilmiah di berbagai website internet (Phun Physics).

WARNING : Untuk keamanan, berat badan minimal sang magician untuk menampilkan trik ini adalah 75 kilogram.

Persiapan :

1. Persiapkan sebuah papan berukuran 76,2 cm x 172,72 cm

2. Persiapkan pula 1449 paku, masing-masing paku memiliki panjang 7,94 cm, ditancapkan di papan no.1 dalam 63 baris, tiap baris terdapat 23 paku dengan jarak masing-masing paku sekitar 2,54 centimeter.

3. Buat sebuah balok kayu/ semen seberat 18,5 kg dengan ukuran 55,2 cm x 34,3 cm x 11,4 cm

4. Akan lebih aman jika anda membuat sebuah dudukan di kanan-kiri untuk meletakkan tangan anda. Jika tidak, letakkan kedua tangan anda di atas perut atau menutupi mulut dan hidung (lihat gambar).


Prosedur :

1. Tunjukkan tempat tidur paku pada audiens. Yang boleh berbaring di tempat tidur ini HANYA ORANG DEWASA. Anak kecil tidak diperkenankan.

2. Berbaringlah di tempat tidur paku, dengan handuk diletakkan di bagian belakang leher dan bagian belakang pergelangan tangan. Cukup gunakan handuk yang tipis, untuk mengurangi goresan di kedua bagian tersebut.





3. Letakkan balok kayu/ semen di bagian atas tubuh anda. Minta seorang sukarelawan menggunakan palu untuk memukul balok tersebut. Bangkit, dan tunjukkanlah bahwa anda masih bertahan hidup.

NOTE : Lebih baik sang sukarelawan adalah orang yang sudah anda kenal dan mengerti betul konsep permainan ini, sehingga ia tidak akan memukul terlalu keras, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.



Penjelasan Ilmiah

1. Tusukan dari sebuah paku tentu saja menyakitkan. Namun ada batas/ toleransi di mana tusukan paku tersebut tidak menimbulkan rasa sakit. Coba saja tusukkan sebuah paku dengan dorongan yang sangat lemah ke jari anda, pasti rasa sakitnya tidak terasa. Rasa sakit ini timbul karena tekanan berat badan ke paku.

2. Nah, rasa sakit yang ditimbulkan oleh rasa sakit ini bisa dimanipulasi dengan menggunakan banyak paku yang diatur dengan jarak tertentu. Hasilnya, tekanan yang timbul ke kulit sang magician tidak hanya terpusat di satu titik (paku), melainkan ke banyak titik. Karena tekanan yang ditimbulkan oleh berat badan sang magician terbagi ke banyak titik, tidak ada rasa sakit atau luka yang akan timbul.

3. Bagaimana dengan balok yang ditempatkan dan dipukul di atas tubuh magician? Karena berat balok terbagi dengan rata (tidak terpusat di satu titik), gaya (pukulan) yang ditimbulkan dari palu akan diserap oleh balok tersebut. Sang magician hanya akan merasakan sedikit tekanan dari balok tersebut, dan gaya yang sangat kecil tersebut tidak akan menimbulkan rasa sakit.

Perhitungan yang lebih detail :

1. Rata-rata, kulit manusia dewasa bisa menahan gaya dari paku sebesar 1 kg sebelum merasakan sakit. Artinya, jika di bawah 1 kg, manusia tidak akan merasakan rasa sakit dari tekanan paku tersebut. Belum dihitung pula proteksi dari baju yang dikenakan oleh sang magician

2. Berat badan manusia rata-rata adalah 75 kg. Jika di atas tempat tidur paku terdapat 1500 paku, berarti gaya tekan yang dialami kulit akan terbagi ke 1500 titik. Jadi, gaya yang ditimbulkan setiap paku di kulit sang magician hanya 0,05 kg, masih cukup jauh dari batas minimum 1 kg (akan lebih aman jika anda memastikan tekanan taip paku tidak melebihi 0,2 kg). Walaupun tentu saja titik berat manusia tidak tersebar secara rata, namun karena jauh dari batas minimum, rasa sakit tetap tidak akan timbul di bagian dengan gaya tekanan maksimum (karena perlindungan dari pakaian yang dipakai)

3. Berat dari balok kayu di atas tubuh magician mampu menyerap efek dari pukulan yang ditimbulkan oleh paku. Hal ini seperti saat wajah kita ditutup oleh bantal tebal, lalu dipukul. Pasti tidak akan terasa sakit di wajah kita. Hal itu disebabkan karena gaya yang ditujukan ke arah kita diserap oleh lapisan di atas tubuh kita (dalam contoh ini, balok kayu)

Sekali lagi, saya mengingatkan untuk tidak melakukan trik ini tanpa bimbingan orang yang benar-benar ahli. Magic ini termasuk kategori extreme magic, dan memiliki risiko yang cukup besar. Ingat, segala macam risiko di atas panggung anda tanggung sendiri selaku magician

2 komentar:

Adi Pradana mengatakan...

mang haruz org yg gendut bwt ngelakuin?

bLacKIe_cHaN mengatakan...

kayanya g gitu juga

Posting Komentar